Tips Membuat Daging Iga Bertekstur Empuk

Daging bagian iga tentu sangat pas untuk diolah berbagai jenis makanan apapun seperti iga bakar dan juga sup iga. Daging iga memiliki ciri khas dari tulang serta bagian lemak dan daging yang menempel yang menjadikan daging iga sangat terasa nikmat. Daging iga termasuk daging yang ternyata ga mudah diolah, dikarenakan harus kuasai dalam mendapatkan cita rasa lembut serta juicy saat disantap. Mari kita simak beberapa tips membuat daging iga bertekstur empuk dan lezat dibawah ini:

Buang sedikit bagian lapisan lemak diluar iga

Dengan cara membuang sedikit lapisan luar lemak didaging, ini tentu menjadikan daging lebih mudah diolah dan juga tidak menutup lapisan untuk menyerap tingkat kematangan kebagian dalam daging tersebut serta penyerapan bumbunya.


Rebus daging iga terlebih dahulu sebelum dibakar

Biasanya banyak yang tidak mengetahui kesalahan fatal saat membakar daging tanpa merebusnya daging iga terlebih dahulu. Jika tanpa merebus daging iga dan langsung membakarnya, ini akan membuat tekstur daging terasa lebih keras serta bumbu juga tidak akan meresap sampai kedalam. Sebaiknya merebus daging iga terlebih dahulu sebelem dibakar, dikarenakan proses penyerapan bumbu dan tingkat kematangan akan lebih sempurna.


Poles bumbu saat daging iga selesai direbus

Setelah proses perebusan daging iga, sekarang langsung ketahap pengolesan bumbu di semua sela-sela daging iga tersebut secara merata. Kemudian daging di diamkan sejenak agar bumbu dapat meresap terlebih dahulu ke dalam daging iga.


Pahami tingkat kematangan daging iga saat dibakar

Untuk tips cara memahami tingkat kematangan daging iga, memang terbilang tidak mudah. Apabila terlalu sebentar proses bakarnya pasti akan membuat daging tidak nikmat saat disantap dan juga apabila terlalu lama dibakar akan membuat daging terasa alot dan keras. Untuk itu pada proses pembakaran ada baiknya mengetahui berapa ukuran panas api tersebut, untuk suhu panasnya baiknya mencapai 63-65 derajat celcius.


Gunakan api yang sedang saat membakar

Teknik pembakaran yang sempurna diharuskan dengan cara membakar menggunakan api yang sedang saja. Apabila api terlalu besar ini menjadikan daging akan cepat menjadi gosong dan terasa pahit saat disantap. Maka gunakanlah api yang sedang saja, serta menjaga kematangan dan cita rasa dari daging tersebut dengan sempurna.