Resep Red Velvet

Resep Red Velvet

Resep masakan , resep masakan indonesia , Resep Cheese Cake Oreo , Resep Ayam Goreng Paniki , Resep Brownies Chocowafer , Resep Salad Mangga , Resep Bubur Delima , Resep Bolu Gulung Coklat , Resep Cumi Bumbu Ketumbar , Resep Daging Gulung Saus Tomat , Resep Es Shanghai  , Resep Pepes Bandeng , Resep Kue Pancong Balap , Resep Sop Tulang Bening , Resep Puding Coklat Roti Tawar , Resep Red Velvet
Resep Red Velvet

Resep Red Velvet :

Bahan-bahan Red Velvet Cake :

  • Tepung terigu protein rendah 200 gram
  • Garam 1/2 sendok teh
  • Coklat bubuk 65 gram
  • Gula pasir 200 gram
  • Unsalted butter 113 gram (potong dadu kecil lalu diamkan pada suhu ruang)
  • Telur 3 butir
  • Vanilla essence oil/pure vanilla extrack 1/2 sendok teh
  • Butter milk 240 mili liter ( bisa juga dengan mencampurkan susu segar dengan 1-2 perasaan jeruk nipis/lemon/cuka. aduk, lalu diamkan selama 10 menit sebelum digunakan)
  • Pewarna makanan merah cair 2 sendok makan (atau bisa disesuaikan menurut selera)
  • Distilled vinegar 1 sendok teh
  • Baking soda 1 sendok teh

Bahan Frosting Red Velvet :

  • Cream cheese 250 gram (diamkan dalam suhu ruang agar lembek)
  • Unsalted butter 100 gram (potong dadu kecil dan diamkan didalam suhu ruang)
  • Gula halus 150 gram (jika menggunakan gula pasir dihaluskan dahulu menggunakan blender)
  • Krim kental 100 gram (pilih yang non dairy cream)

Cara Membuat Red Velvet Cake Anti Gagal :

  1. Langkah awal, campur dan ayam tepung terigu, coklat bubuk dan garam dalam satu wadah.
  2. Setelah itu siapkan loyang, olesi dengan mentega dan taburi dengan tepung terigu, lapisi dasarnya dengan kertas roti dan olesi lagi dengan mentega jika anda menggunakan kertas roti biasa. gunakan loyang bulat diameter 20 centi meter dan tinggi 5 centi meter.
  3. Selanjutnya panaskan oven pada suhu 180 celcius.
  4. Kemudian dengan menggunakan mixer, kocok mentega hingga lembut dan creamy kurang lebih selama 2-3 menit. lalu dengan kecepatan rendah, masukan gula halus sedikit demi sedikit. kocok hingga adonan ringan, mengembang dan berwarna agak pucat. kurang lebih selama 3 hingga 5 menit.
  5. Masukkan telur satu persatu, caranya masukkan satu telur, kocok terlebih dahulu hingga tercampur rata baru masukkan telur selanjutnya. lalukan terus hingga telur habis.
  6. Masukkan vanilla, aduk rata. jangan lupa aduk dengan menggunakan spatulla agar adonan tercampur dengan rata.
  7. Campurkan pewarna merah ke dalam gelas wadah buttermilk, aduk rata.
  8. Gunakan kecepatan rendah, masukkan tepung terigu bergantian dengan buttermilk(yang sudah dicampur pewarna). dengan urutan tepung-buttermik-tepung-buttermilk-tepung. jika sudah tercampur rata, matikan mixer.
  9. Dalam wadah kecil campur baking soda dengan distilled vinegar. biarkan berbusa karena percampuran tadi, segera masukkan ke dalam adonan. aduk rata. campurkan baking soda dan cuka ini adalah untuk membentuk serat yang khas pada red velvet.
  10. Setelah tercampur dengan rata, masukkan ke dalam loyang dan panggang pada suhu 180 derajat celcius selama 40 hingga 50 menit atau sampai tes tusuk tidak ada adonan yang menempel.
  11. Setelah matang, keluarkan dari oven lalu diamkan dalam loyang kurang lebih selama 5-10 menit. keluarkan dari loyang dan dinginkan dalam rak kawat. jika sudah dingin, masukkan kedalam kulkas. cake red velvet ini sangat rapuh, jadi jika kita paska membelahnya dalam keadaan hangat pasti hasilnya kacau balau/remuk :D. diamkan dulu dikulkas kurang lebih selama 1-3 jam.

Cara Membuat Frosting Red Velvet Cake :

  • Langkah awal kocok cream cheese sampai lembut, lalu masukkan mentega, whipcream dan gula halus. lanjutkan mengocok hingga adonan mengental dan siap digunakan.
  • Frosting cake siap digunakan langsung atau diamkan dahulu didalam kulkas.

Cara Menata Cake Red Velvet Cake Anti Gagal :

  1. Langkah pertama belah dahulu cake menjadi 3 atau 4 layer. tipsnya agar membelahnya rapi bisa menggunakan benang, atau dengan pisau yang sangat tajam.
  2. Selanjutnya jangan lupa untuk men-triming dahulu bagian terluar cake yang biasanya mengeras. lalu sisa trimingannya ini bisa dijadikan hiasan cake. panggang hingga kering, lalu hancurkan dengan sendok dan taburkan ke cake.
  3. Setelah itu letakkan satu layer sebagai dasar, olesi dengan krim hingga merata tumpuk lagi dengan layer selanjutnya begitu seterusnya hingga cake habis.
  4. Cover semua bagian dengan sisa krim tadi. bisa di percantik dengan taburan remahan cake tadi atau biarkan begitu saja.
  5. Terakhir, simpan dalam kulkas agar lebih set (lebih enak jika didiamkan semalam baru disantap)