Resep Nasi Arab Kabsah

Resep Nasi Arab Kabsah

Resep masakan , resep masakan indonesia , resep masakan barat , resep masakan asia , resep masakan opor ayam gurih , tonseng ayam bumbu komplit , resep masakan korea , resep masakan korea ala drakor , resep nasi kebuli , resep nasi kebuli ayam , resep masakan timur , resep nasi kandar malaysia , cara membuat sushi dengan gampang , Cara Menghilangkan Bau Amis Pada Ikan , Masak Bunga Pepaya Anti Pahit , resep masakan tongseng ayam , resep nasi lemak medan , resep salmon lemmon butter sauce , resep ayam geprek istimewa dan pedas , Resep Kue Bawang Renyah Dan Gurih , Resep Kue Nastar Lembut , Resep Sayur Asem Komplit , Resep Beef Lasagna Panggang , Resep Bimbimbap Korea , Resep Nasi Arab Kabsah
Resep Nasi Arab Kabsah

Nasi Kabsah merupakan salah satu makanan khas Saudi Arabia yang sangat murah dan sangat popular, namun makananan ini sudah pasa dengan lidah orang Indonesia. Citarasa yang dihasilkan dari makanan ini sangat lezat dan nikmat sekali apalagi bumbu rempah-rempahnya sangat pas banget deh.

Nah, bagi Anda yang belum pernah mencicipi makanan ini, tenang saja..sekarang Anda tidak perlu pergi Ke sana hanya untuk menikmati menu ini karena pada kesempatan kali ini akan membagikan Resep Masakan Nasi Kabsah Saudi Arabia untuk Anda sehingga bisa membuatnya sendiri dirumah kapan saja Anda mau. Yuk langsung saja simak resepnya :

Bahan-bahan:
1 cangkir beras basmati, cuci bersih
1/2 potonga ayam
Air untuk menanak nasi, dengan perbandingan beras:air adalah 1:2
2 sdm ghee atau minyak padat, bisa diganti dengan olive oil
1/2 buah jeruk lemon, ambil airnya
1 buah tomat segar, cincang
2 sdm pasta tomat
1 buah bawang merah besar, cincang
2 siung garlic, cincang
1/4 sdt garam
1/2 sdt merica
1/4 sdt ketumbar
1/4 sdt kunyit
1/4 sdt jintan
3 cm jahe, cincang
5 biji kapulaga
5 biji cengkeh
3 batang kayu manis
1 buah wortel, parut
3 helai saffon, rendam dengan 1 sdm air panas
2 sdm kismis, rendam dengan air panas

Cara membuat:

1. Siapkan panci, panaskan, masukkan gee, tumis onion dan garlic hingga harum. Masukkan daging ayam, kucuri dengan air perasan jeruk lemon, tumis hingga daging layu, masukkan semua bumbu (tomat segar, pasta tomat, onion, garlic, garam, merica, ketumbar, kunyit, jintan. jahe, cardamon, cengkih, kayu manis), lanjut tumis hingga harum.
2. Tambahkan air hingga mendidih, lalu kecilkan api, lanjutkan hingga ayam empuk, kurang lebih 15 menit.
3. Ambil daging ayam yang telah empuk, sisihkan. Biarkan air rebusan dalam panci, nantinya digunakan untuk menanak nasi.
4. Takar air rebusan tersebut dengan takaran yang pas untuk menanak nasi. Koreksi rasanya.
5. Masukkan beras, aduk rata, masak dalam air mendidih 15 menit lalu kecilkan api minimu, lanjutkan.
6. Saat air mulai surut, taburkan wortel parut taburi sedikiiit garam untuk perasa wortelnya. Masukkan kembali ayam. Lanjut masak hingga beras matang dengan api tetap kecil.
7. Disaat proses ini, perhatikan, jika mulai terdengar “suara lentingan” pletik-pletik tandanya air mulai mengering, jangan ditinggal agar nasi tidak berkerak. Saat suara menghilang sekitar 5 menitan, matikan api.
8. Biarkan kurang lebih 10 menit nasi dalam panci tertutup agar lebih tanak, juga supaya nasi tidak lengket di dasar panci.
9. Hidangkan nasi dengan ayam di atasnya, taburan raisin (kismis), kacang almond atau kacang mete.