Resep Membuat Yogurt Cimory

Resep Membuat Yogurt Cimory

Resep masakan , resep masakan indonesia , Resep Cheese Cake Oreo , Resep Ayam Goreng Paniki , Resep Brownies Chocowafer , Resep Salad Mangga , Resep Bubur Delima , Resep Bolu Gulung Coklat , Resep Cumi Bumbu Ketumbar , Resep Puding Beras India , Resep Kerang Saus Padang , Resep Udang Goreng Tepung Asam Manis , Resep Fuyunghai Telur Ayam , Resep Kimbap Korea , Resep Jajanan Pasar Seblak , Resep Kolak Pisang , Resep Cheese Cake Tanpa Oven , Resep Membuat Kolak Ubi Manis , Resep Sate Madura Daging Kambing , Resep Puding Susu Oreo , Resep Dokkebi Hotdog , Resep Mie Goreng Seafood , Resep Bubur Ayam Sukabumi , Resep Rambarang Terung , Resep Nasi Goreng Tom Yam , Resep Bubur Ketan Kacang Merah , Resep Cwie Mie Malang , Resep Rendang Paru , Resep Terik Daging , Resep Semur Ayam Kecap , Resep Perkedel Kentang Ayam Saus Pedas , Resep Pizza Tahu Tanpa Oven , Resep Sup Ayam Kelak Bage Lombok , Resep Cara Membuat Soun Goreng Spesial , Resep Cara Membuat Kupat Tahu , Resep Sosis Gulung Mie , Resep Cumi Balado , Resep Cara Membuat Kembang Tahu , Resep Membuat Bubur Manado , Resep Cara Membuat Abon Sapi , Resep Cara Membuat Sate Goreng Daging Sapi , Resep Cara Membuat Sate Usus Ayam , Resep Cara Membuat Ayam Teriyaki , Resep Membuat Yogurt Cimory , Resep Balado Terong Ungu Teri Pedas
Resep Membuat Yogurt Cimory

Resep Membuat Yogurt Cimory :

Bahan-bahan Yogurt Cimory :

  • Susu cimory atau susu sapi murni 1 liter
  • Biang yogurt / bibit yogurt atau yogurt plain 50 mili liter atau 1/2 cangkir ( yogurt plain tersedia di supermarket, gunakan biang yogurt yang masih mengandung bakteri yang masih hidup atau bakteri probiotik)

Cara Membuat Yogurt Sendiri Yang Mudah :

  1. Langkah awal tuang susu yang sudah disediakan tadi kedalam panci. kemudian panaskan dengan kompor yang menggunakan api kecil atau dapat juga menggunakan oven yang menggunakan temperatur sekitar 85 derajat celcius sambil di aduk-aduk adonan susu tersebut secara perlahan.
  2. Selanjutnya bila dirasa cukup angkat adonan susu lalu dinginkan. untuk mendinginkan adonan susu bisa mencelupkan panci ke dalam baskom atau wadah besar yang diberi air dingin. aduk adonan susu secara perlahan sampai temperatur adonan susu mendingin kira-kira temperatur 23 derajat celcius.
  3. Setelah itu bila adonan sudah mencapai temperatur yang diinginkan, lalu tuangkan yogurt plain atau yogurt dengan bakteri yang masih hidup kedalam panci yang berisi adonan susu tadi. aduk kembali hingga adonan susu dan yogurt plain tercampur dengan baik dan rata.
  4. Langkah berikutnya pindahkan adonan ke dalam wadah yang bersih lalu tutup rapat adonan atau bisa ditutup dengan plastik secara rapat yang bertujuan proses inkubasi berjalan dengan bagus.
  5. Dalam proses inkubasi ini anda cukup mendiamkan adonan susu atau cairan yoghurt agar bakteri tumbuh dan berkembang. proses ini membutuhkan waktu kurang lebih selama 7 jam dalam temperatur 38 derajat celcius. semakin lama cairan yogurt didiamkan, semakin tinggi juga tinggat keasamannya dan tekstur yogurt akan menjadi semakin kental.
  6. Langkah akhir setelah cairan yogurt didiamkan selama 7 jam atau lebih menurut kekentalan yang diinginkan, yogurt rumahan yang enak dan sehat pun siap untuk dinikmati.

Tips Membuat Yogurt Cimory Rumahan Yang Enak :

  • Pertama, anda harus pastikan kalau proses fermentasi yogurt menggunakan tempat atau wadah yang kedap udara atau menutup dengan plastiknya hingga benar-benar rapat. karena wadah yang tertutup rapat akan melancarkan proses fermentasi.
  • Kedua, saat memasukkan cairan susu ke wadah, pastikan susu dalam keadaan yang hangat. tidak panas dan tidak terlalu dingin seperti pada suhu yang sudah kami jelaskan diatas.
  • Ketiga, perhatikan perbandingan susu murni dan bibit yoghurt nya. agar hasilnya bagus dengan kekentalan yogurt pada umumnya.
  • Keempat, yogurt plain atau bibit yogurt yang dimaksud disini adalah produk yogurt seperti Biokul, Cimori dan lain sebagainya. kenapa disebut bibit yogurt karena itulah yang akan menjadi biang penghasil yogurt. ketika memilih bibit yogurt jangan lupa pilih yang terdapat tulisan *Live Culture* pada kemasannya agar bakteri fermentasi dapat berkembang dengan baik. artian Live Culture adalah bakteri Lactobacillus Bulgaricus dan Streptococcus Thermophilus.
  • Kelima, ketika memberli yogurt plain, biang yogurt atau bibit yogurt jangan lupa cek kadarluarsanya. karena bila sudah expired maka proses pembuatan yoghurt akan gagal atau tidak akan berhasil.