Resep Beras Kencur

Resep Beras Kencur

Resep masakan , resep masakan indonesia , resep masakan barat , resep masakan asia , resep masakan opor ayam gurih , tonseng ayam bumbu komplit , resep masakan korea , resep masakan korea ala drakor , resep nasi kebuli , resep nasi kebuli ayam , resep masakan timur , resep nasi kandar malaysia , cara membuat sushi dengan gampang , Cara Menghilangkan Bau Amis Pada Ikan , Masak Bunga Pepaya Anti Pahit , Cumi Asin Pete Pedas , Resep Beras Kencur
Resep Beras Kencur

Beras kencur merupakan minuman penyegar khas dari Indonesia (Jawa). Minuman ini juga digolongkan sebagai jamu karena memiliki khasiat meningkatkan nafsu makan. Beras kencur sangat populer karena memiliki rasa yang manis dan segar.

Bahan utama beras kencur, tentu saja, adalah beras (yang dihaluskan) dan rimpang kencur. Kombinasi beras dan kencur banyak mengandung vitamin B yang dapat merangsang lambung memberikan rasa lapar selain itu jamu beras kencur jika diminum secara rutin setiap hari bisa membantu menebalkan dinding perut untuk menyembuhkan penyakit maag (untuk penyembuhan maag ini tidak boleh dicampur dengan rimpang jahe dan untuk asam kawak boleh sedikit saja). Rasa manis berasal dari gula merah (gula kelapa atau gula aren) yang ditambahkan. Kencur menyumbang pada rasa sedikit pedas yang terasa jika beras kencur diminum, untuk menambah rasa pedas jamu beras kencur ini biasanya ditambah rimpang jahe secukupnya. Berikut kami akan memberikan Resep Beras Kencur :

 

Bahan

  • 3 rimpang rempah kencur (kupas kulitnya, cuci bersih lalu parut halus)
  • 1 rimpang jahe (kupas kulitnya, cuci bersih lalu parut halus)
  • 100 gram beras putih (rendam dalam air selama 3 jam, sangrai lalu haluskan)
  • 1 sdm air asam jawa
  • 5 cm kunyit (kupas kulitnya, cuci bersih lalu parut halus)
  • Gula pasir (secukupnya)
  • Gula jawa (secukupnya, sisir halus)
  • Air (kira-kira 3 gelas besar)

Cara Membuat

  1. Panaskan air lalu rebus kencur, jahe, kunyit, air asam, gula pasir dan gula jawa.
  2. Rebus semua bahan hingga mendidih.
  3. Jika sudah mendidih, saring air rebusan. Pisahkan ampas dengan air yang jernih.
  4. Selanjutnya, masukkan sedikit beras yang sudah direndam dan dihaluskan ke dalam air rebusan.
  5. Jika ingin rasa kencur lebih nendang, kamu bisa menambahkan kencur mentah yang telah dimemarkan ke dalam air rebusan.
  6. Aduk rata dan tunggu hingga pati kencur atau beras mengendap di bawah.
  7. Sajikan beras kencur selagi masih hangat untuk membuat tubuh makin hangat dan nyaman. Atau, kamu bisa menyajikannya dengan menambahkan es batu di gelas saji dan menjadikan beras kencur sebagai es beras kencur segar.