Resep Beef Greek Moussaka

Resep Beef Greek Moussaka

Resep Nasi kebuli ala Timur tengah

Resep Beef Greek Moussaka :

Bahan-bahan

  1. 2 buah terong ungu ukuran kecil
  2. 1 buah kentang ukuran kecil
  3. Lapisan Daging
  4. 100 gram daging sapi cincang
  5. 1 sdm minyak zaitun
  6. 1/2 buah bawang bombay cincang
  7. 2 siung bawang putih cincang
  8. 3 sdm saos tomat (bisa lebih kalau suka)
  9. 1 sdm bubuk cabai (tambahan dari saya, aslinya tidak pakai)
  10. 1 sdt gula pasir
  11. Secukupnya garam dan merica bubuk
  12. Sejumput kayu manis bubuk
  13. 200 ml air kaldu/air biasa
  14. Saus Bechamel
  15. 2 sdm butter (saya pakai margarin)
  16. 2 sdt tepung terigu
  17. 1 gelas susu cair
  18. 50 gram keju parut (saya pakai cheddar)
  19. Sedikit lada bubuk dan garam
  20. Sejumput pala bubuk (saya tidak pakai)
  21. 1 butir telur
  22. Taburan
  23. Secukupnya tepung roti, keju parut, parsley dan bubuk cabai

    Langkah

    1. Kupas kentang dan buang tangkai terong. Cuci bersih keduanya. Iris kentang dan terong dengan ketebalan sekitar 3 mm. Rendam dalam air garam selama 10 menit. Tiriskan dan tepuk-tepuk dengan tisu agar kadar air berkurang. Selanjutnya goreng kentang dan terong sampai matang. Sisihkan.

    2. Tumis bawang bombay dan bawang putih dengan sedikit minyak zaitun sampai layu. Masukkan daging cincang, aduk rata. Setelah daging berubah warna, masukkan saos tomat, gula, garam, bubuk cabe, merica dan kayu manis. Aduk rata.

    3. Tambahkan 200 ml air/kaldu dalam tumisan. Aduk rata. Masak sampai air susut dan mengental, cicipi rasanya. Sesuaikan bila ada yang kurang. Jika sudah pas, matikan api. Sisihkan.

    4. Selanjutnya saus bechamel. Lelehkan butter/margarin dalam panci. Masukkan tepung lalu aduk menggunakan whisk sampai rata. Tambahkan susu cair sedikit demi sedikit sambil diaduk rata sampai saus mengental. Matikan api. Tambahkan keju, garam dan lada. Aduk rata. Biarkan agak dingin lalu masukkan telur, aduk sampai rata dan halus.

    5. Arrangement: dalam loyang/wadah tahan panas, susun kentang goreng. Lalu susun terong goreng di atasnya. Beri tumisan daging, tutupi lagi dengan terong goreng. Selanjutnya tuangi saus bechamel (sausnya tidak saya tuang semua, hanya secukupnya). Terakhir taburi dengan tepung roti, keju parut, parsley dan cabai bubuk.

    6. Panggang dalam oven suhu 150°C selama 30-40 menit atau sampai matang kecoklatan.

       

    7. Baru keluar dari oven nih. Wangiii. Moussaka ini cukup mengenyangkan. Tidak perlu dimakan dengan pasta/nasi karena sudah ada karbonya. Rasanya enak mirip lasagna tapi dengan sedikit hint kayu manis. Saya pribadi lebih suka ini daripada lasagna karena moussaka menggunakan sayuran sedangkan lasagna menggunakan pasta