Cara Menghilangkan Bau Amis Pada Ikan

Cara Menghilangkan Bau Amis Pada Ikan

Resep masakan , resep masakan indonesia , resep masakan barat , resep masakan asia , resep masakan opor ayam gurih , tonseng ayam bumbu komplit , resep masakan korea , resep masakan korea ala drakor , resep nasi kebuli , resep nasi kebuli ayam , resep masakan timur , resep nasi kandar malaysia , cara membuat sushi dengan gampang , Cara Menghilangkan Bau Amis Pada Ikan , Masak Bunga Pepaya Anti Pahit
Cara Menghilangkan Bau Amis Pada Ikan

Ikan merupakan hewan air yang sering menjadi santapan masyarakat sehari hari, namun dalam mengolah ikan dengan benar tentunya akan menjadi masakan yang sangat lezat. Ikan yang masih segar atau yang baru dipanen atau ditangkap cenderung tidak berbau amis namun setelah beberapa lama lambat alun akan berbau amis.  Bau amis pada ikan memang sangat mengganggu apalagi bagi orang yang tidak suka dengan bau yang kurang sedap. Namun dibalik kelezatan masakan ikan ada hal yang mengganggu dan sangat tidak disukai oleh para penikamat kuliner ikan ini yaitu BAU AMIS. Bau amis pada ikan bisa dihilangkan dengan banyak cara dan tentunya sangat mudah untuk dilakukan. Berikut ini kami akan memberikan Cara Menghilangkan Bau Amis Pada Ikan

1. Susu

Siapa sangka jika susu yang biasa Anda minum ternyata dapat melengkapi tips menghilangkan bau amis pada ikan. Susu full cream atau UHT dengan rasa plain bisa menjadi bahan ampuh untuk mengatasi bau amis pada ikan. Caranya cukup mudah, bersihkan ikan terlebih dahulu, lalu rendam ikan di dalam susu cair selama 30 menit. Setelah itu bilas ikan sampai bersih baru Anda dapat memasaknya. Kasein yang terdapat di dalam susu akan mengikat trimetilamin oksida, zat yang menyebabkan bau amis pada ikan. Alhasil, ikan yang tadi direndam jadi bebas bau amis.

2. Air cuka

Cuka ternyata tidak hanya bisa dipakai untuk menghilangkan noda di baju putih saja, tetapi bisa juga dimanfaatkan untuk mengurangi bau amis di ikan yang akan dimasak. Sama seperti ketika menggunakan susu, Anda harus mencuci ikan sampai bersih terlebih dahulu.

Selanjutnya, siapkan cuka di sebuah piring atau mangkok, lalu rendam ikan di dalamnya selama 10-20 menit. Apabila sudah selesai direndam, bilas ikan dengan air untuk menghilangkan rasa asam dari cuka tersebut. Setelah itu, Anda dapat langsung memasak ikan tersebut.

3. Lemon dan garam

Bahan yang satu ini sangat sering dimanfaatkan oleh para chef internasional untuk menghilangkan bau amis pada ikan. Apalagi perpaduan antara lemon dan garam ini dapat memperkuat citarasa ikan tersebut ketika dimasak.

Bersihkan sisik ikan terlebih dahulu, lalu taburkan garam dan air perasan lemon. Bila tidak ada lemon, Anda dapat menggantinya dengan jeruk nipis. Setelah dioles dengan garam dan lemon, diamkan selama 15 menit. Kemudian, bilas ikan agar sisa garam dan lemonnya hilang, lalu masak ikan tersebut sesuai dengan selera Anda.

4. Tepung terigu

Peranan tepung terigu di sini bukan untuk membuat ikan goreng tepung, melainkan untuk dipakai sebagai tips menghilangkan bau amis pada ikan. Bilas ikan dengan air dan bersihkan bagian dalam ikan, buang jeroan yang terdapat di dekat kepala ikan.

Taburkan tepung terigu di atas ikan dan ratakan hingga menutupi seluruh bagian ikan. Diamkan ikan yang sudah dibungkus dengan tepung terigu selama 10 menit. Tepung terigu akan menyerap bau amis yang melekat pada ikan. Selain itu, tepung terigu juga tidak merusak citarasa ikan tersebut karena memang pada dasarnya terigu tidak memiliki rasa apapun.

5. Daun dan kulit jeruk

Aroma harum dari daun dan kulit jeruk memang tidak perlu diragukan lagi. Baik daun dan kulit jeruk mampu menghasilkan aroma harum yang cukup kuat. Nah, Anda dapat memanfaatkan aroma daun dan kulit jeruk yang sangat kuat ini untuk menghilangkan bau amis ikan.

Ambil daun atau kulit jeruk secukupnya, lalu rebus di dalam air sampai mendidih. Setelah air rebusan agak dingin, gunakan air tersebut untuk mencuci ikan yang akan dimasak. Anda pun dapat menambahkan daun jeruk ke dalam hidangan ikan jika Anda memasaknya secara tumis atau membuat kuah. Pasalnya, daun jeruk akan bantu menghilangkan bau amis ikan secara optimal.

6. Air asam jawa

Asam jawa biasanya dipakai untuk bumbu masak. Namun, kali ini asam jawa tidak dipakai sebagai bumbu masak, melainkan sebagai bahan alami penghilang bau amis pada ikan. Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah membuang sisik dan insang ikan.

Siapkan asam jawa yang sudah dilarutkan ke dalam air hangat. Rendam ikan yang sudah dibersihkan ke dalam air larutan asam jawa selama 15 menit. Setelah itu, bilas ikan dengan air hangat untuk menghilangkan citarasa asam jawa yang melekat. Masak ikan dengan bumbu dan cara yang sesuai dengan selera Anda.

7. Jahe

Salah satu rempah-rempah yang memiliki rasa dan aroma yang kuat adalah jahe. Tak heran jika rempah yang satu ini sering dipakai ketika memasak hidangan seafood. Mengapa jahe sering dicampur pada makanan seafood? Tujuannya adalah untuk menghilangkan bau amis pada seafood tersebut. Kini, Anda pun bisa menggunakan jahe untuk melengkapi tips menghilangkan bau amis pada ikan.

Parut jahe sampai halus, lalu lumuri ikan dengan parutan jahe. Diamkan ikan selama 15 menit, lalu bilas dengan air bersih. Aroma jahe mungkin akan sedikit melekat pada ikan, tetapi hal tersebut justru akan membuat aroma masakan jadi lebih harum dan ikan bebas bau amis ketika dimakan.

8. Baking powder

Bahan yang satu ini memang serbaguna. Anda bisa menggunakan baking powder untuk menghilangkan bau pada kulkas, bukan? Nah, bahan yang satu ini juga bisa dipakai untuk menghilangkan bau amis pada ikan.

Cara penggunaannya pun cukup mudah karena Anda hanya perlu melumuri ikan dengan baking powder. Setelah dibiarkan selama 15-20 menit, bersihkan ikan dengan air sampai sisa baking powdernya hilang. Baking powder tidak memiliki aroma dan rasanya pun hambar, sehingga Anda tak perlu khawatir citarasa ikan jadi tercemar.

9. Gula pasir

Anda pasti tak menyangkan bila gula pasir yang rasanya manis ini cukup efektif untuk menghilangkan bau pada ikan. Pertama-tama, Anda harus membersihkan sisi dan insang ikan terlebih dahulu.

Lanjutkan dengan menaburkan gula pasir ke seluruh bagian ikan, bila perlu taburkan juga di bagian dalam ikan. Kombinasikan gula pasir ini dengan minyak wijen agar bau amisnya lebih cepat hilang. Setelah didiamkan selama 5 menit, bilas ikan dengan air bersih sebelum dimasak.

10. Apel

Aroma buah apel memang tidak sekuat jahe, tapi nyatanya buah yang satu ini dapat menghilangkan bau amis pada ikan. Potong buah apel setipis mungkin, lalu masukkan apel ini ke dalam minyak goreng atau air yang nantinya dipakai untuk mengolah ikan.

Setelah buah apel layu, angkat buah apel dan masukkan ikan yang sudah dibersihkan. Minyak goreng atau air yang sudah dimasukkan apel tadi akan menetralisir bau amis pada ikan.